23.13
Tuyul di Ciamis Terkurung Dalam Botol, Gegerkan Dunia Maya

Penemuan dua tuyul di Ciamis menggegerkan dunia maya. Namun benarkah sosok yang terkurung di dalam botol itu merupakan tuyul?

Ibnu Kasir pengurus pondok pesantren di Dusun Pahauran, RT 02, RW 06, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dikenal sebagai penemu sosok menggegerkan tersebut.

Awal mulanya, di akhir Februari 2020, seperti biasa pria yang biasa disapa Mbah Gondrong ke luar menuju halaman belakang rumahnya. Tak dinyana, hari itu jadi hari bersejarah yang membuat rumahnya ramai didatangi orang-orang.

Mbah Gondrong menemukan dua sosok diduga tuyul yang terkurung di dalam botol. Dia kemudian mengambilnya dan membersihkan botol tersebut. Lalu dibawanya ke dalam rumah dan dibungkusnya dengan plastik.

Ukuran botol yang mengurung dua sosok diduga tuyul di Ciamis itu berukuran 5 centi meter. Terlihat sosok di dalamnya kaku dan tidak ada pergerakan sama sekali, entah hidup atau mati.

Namun sosoknya seperti layaknya janin manusia, hanya saja ukurannya lebih kecil. Sementara wajahnya terlihat seperti manusia yang berada dalam kandungan ibunya.

Sejak saat itulah, Mbah Gondrong dikenal. Foto-foto tuyul di dalam botol yang ditemukannya tersebar di dunia maya. Bahkan jadi viral karena banyak yang membagikannya.

Ramai-ramai orang-orang pun datang dan ingin melihatnya langsung. Warga yang datang bukan hanya datang dari wilayah Banjarsari, Ciamis saja, namun juga datang dari berbagai daerah.

Bukan itu saja, tidak sedikit awak media yang menyambangi rumah Mbah Gondrong untuk meliput penemuan tuyul di Ciamis yang menggegerkan.

Mbah Gondrong dengan senang hati menerima orang-orang yang berkunjung ke rumahnya. Dia mengaku sama sekali tidak merasa terganggu, malah senang, lantaran karena penemuannya itu jadi banyak orang yang ingin bersilaturahmi dengannya.

Dia mempersilakan orang yang ingin memfoto atau membuat video sosok diduga tuyul penemuannya itu. Dia pun tidak memungut bayaran untuk orang-orang yang ingin melihat penemuannya langsung.

tuyul ciamis

 

Mbah Gondrong Tidak Akan Menjual Tuyul di Ciamis Penemuannya

 

Sejumlah orang yang datang ke rumah Mbah Gondrong berniat untuk membeli penemuannya tersebut. Namun Mbah Gondrong mengaku tidak akan dijual kepada siapapun.

“Mau ditukar dengan apapun dan oleh siapapun tidak akan saya jual. Silakan saja datang jika ingin melihat, penemuan saya ini sama sekali tidak saya tutupi, saya persilakan siapapun yang ingin melihat untuk datang saja langsung,” kata Mbah Gondrong tegas, seperti dikutip dari harapanrakyat.com.

Mbah Gondrong berusaha merawat penemuannya tersebut. Sampai saat ini botol yang berisi sosok diduga tuyul di Ciamis itu masih utuh. Tidak ada perubahan sama sekali dalam bentuk maupun warnanya.

Hanya saja, Mbah Gondrong mengaku tidak akan terus merawat penemuannya tersebut. Dia berencana menyerahkannya kepada pihak kepolisian.

Sosok tuyul sendiri sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Makhluk gaib ini dipercaya sebagian orang adalah sosok pencuri uang. Ada yang percaya jika memelihara tuyul maka dia bisa kaya raya. Uang yang didapatnya konon hasil dari pencurian tuyul yang dipelihara.

Bahkan, jika ada fenomena kehilangan uang di satu wilayah dengan nominal receh namun sering, orang-orang kerap menghubungkannya dengan pencurian yang dilakukan oleh tuyul.

Ada juga yang menyebutkan tuyul tidak akan menggondol semua uang yang dimiliki oleh pemilik rumah yang dimasukinya. Dia hanya mengambil sejumlah orang yang diperintahkan oleh majikannya.

Sementara dua sosok diduga tuyul di Ciamis yang ditemukan di halaman belakang rumah Mbah Gondrong tidak ada yang tahu apakah benar-benar tuyul ataukah jimat semata.

Category: Catatan | Views: 189 | Added by: kacong | Rating: 0.0/0
Total comments: 0